Apa Itu Water Treatment Plant (WTP) ? Begini Cara Kerjanya!

Water Treatment Plant

Dextra.id – Di era yang serba modern saat ini pengelolaan air bersih semakin maju dan mudah di lakukan salah satunya adalah dengan menggunakan cara water treatment plant. Bagi kalian yang saat ini memang belum tahu lebih jauh tentang water treatment plant, maka pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan kalian tentang penjelasannya.

Perlu kalian ketahui nih guys pada water treatment plant terdapat tahapan – tahapan untuk membersihkan air bersihnya diantaranya dengan 5 proses yaitu koagulasi, flokulasi, sedimentasi, diltrasi dan desinfeksi. Baiklah, langsung saja yuk guys kita cek pembahasannya berikut ini.

Tentang Water Treatment Plant

Water Treatment Plant (WTP) atau juga di sebut sebagai Instalasi Pengelolaan Air yang mana salah satu fungsinya adalah untuk membuat air jauh lebih bersih dari sebelumnya sehingga siap untuk di distribusikan.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang telah membuat Water Treatment Plant dalam jumlah besar sehingga kini masyarakat bisa mendapatkan air bersih yang jauh lebi sehat. Nah, jika kalian ingin tahu apa saja tahapannya pada proses Water Treatment Plant, maka cek saja langsung dibawah ini ya guys.

Proses Water Treatment Plant

Setidaknya ada 5 proses yang sudah kami sebuatkan di atas, namun untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat penjelasannya sebagai berikut ini ya guys.

1.Koagulasi

Pada proses yang satu ini nantinya air bersih akan di pisahkan dengan pengotornya atau dengan kata lain proses destabilisasi partikel koloid. Pada proses ini bisa di lakukan 2 cara yaitu antara menggunakan bahan kimia dan juga menggunakan cara fisik dengan menggunakan rapid missing atau pengadukan cepat.

2. Flokulasi

Selanjutnya setelah partikel koloid dipisahkan, kini giliran proses flokulasi yang mana salah satu fungsinya adalah dengan memperbesar flok atau pengotor yang terpisahkan sehingga nantinya air akan di pisahkan dari pengotor yang larut dalam air.

3. Sedimentasi

Selanjutnya proses yang di lakukan adalah sedimentasi, pada proses ini nantinya air akan di proses dan di endapkan terutama bagian partikel koloidnya sehingga nantinya air bisa lebih jernih dan bersih.

4. Filtrasi

Selanjutnya proses filtrasi ini akan membuat air lebih bersih dengan tujuan untuk membersihkan air dari kotoran yang tercampur di dalamnya. Pada tahap ini biasanya akan menggunakan sebuat alat yang bernama Multi Media Filter, UF, MF ( Microfiltration ) System serta masih banyak lagi yang lainnya.

5.Desinfeksi

Setelah proses filtrasi mungkin saja masih ada kuman yang lolos sehingga diperlukan proses desinfeksi dengan tujuan untuk membunuh kuman yang tercampur dengan air. Pada tahap ini biasanya akan di lakukan proses penambahan chlor, ozonosasi, UV dan yang lainnya.

Nah, itulah langkah – langkah yang bisa kalian ketahui untuk proses Water Treatment Plant. Semoga penjelasan singkat yang kami berikan ini bermanfaat untuk kalian semua ya guys.

O iya untuk tambahan informasi, pada Water Treatment Plant ternyata membutuhkan bangunan yang kuat untuk menampung air dalam jumlah yang besar, maka dari itu kalian bisa memilih paving block yang kuat dengan harga yang murah.

Selain untuk membuat sebuah bangunan, ternyata paving block juga bisa untuk menghias pelataran rumah menjadi lebih indah.

Akhir Kata

Hanya itu saja yang bisa kami sampaikan tentang water treatment plant, semoga saja ini bisa menambah wawasan kalian ya guys, jangan lupa untuk saling berbagi dan tunggu informasi menarik lainnya di situs kami yah.

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.